Senin, 25 Maret 2013

Hasil Diskusi




A.  Judul Diskusi ( PENGUATAN POSITIF)

B.   Kelompok :


 Hasil diskusi
Teori penguatan (reinforcement) terbagi atas penguatan positif dan penguatan negatif.  

teori penguaTAN  atau reinforcement theory of motivation dikemukakan oleh B. F. Skinner (1904-1990) dan rekan-rekannya. Pandangan mereka menyatakan bahwa perilaku individu merupakan fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya (rangsangan – respons —  konsekuensi) 

Ini berarti ada pemberian tanggapan positif ketika seorang individu menunjukkan perilaku positif yang dibutuhkan. Misalnya memuji karyawan untuk datang lebih awal. Ini akan meningkatkan kemungkinan perilaku yang akan terjadi lagi. Reward adalah positif untuk memperkuat, tapi belum tentu demikian, jika dan hanya jika perilaku karyawan membaik, hadiah dapat dikatakan sebagai dorongan yang positif. Penguatan positif merangsang terjadinya perilaku.



Skinner memasukkan tikus yang telah dilaparkan dalam kotak yang disebut “skinner box”.
™        Kotak dilengkapi dengan tombol, alat pemberi makanan, penampung makanan, lampu yang dapat diatur nyalanya, dan lantai yang dapat dialir listrik
.       tikus berusaha keluar untuk mencari makanan. Selama tikus mencari jalan keluar dari box, tidak sengaja ia menekan tombol, makanan keluar. Secara terjadwal diberikan makanan secara bertahap sesuai peningkatan perilaku yang ditunjukkan si tikus, proses ini disebut shapping.




  Contoh konkret penguatan positif (positive reinforcement) dalam dinamika kehidupan mahasiswa Teknologi Informasi.
o  salah satunya saat kami  sedang melaksanakan lab program untuk pertama kalinya aslab menyatakan bahwa nilai paling rendah yg di berikannya adalah B+ di mana ada beberapa syarat yang di ajukannya yakni kami harus bisa mengikuti mata pelajaran yang di sampaikannya, bisa mengerjakan soal yang di berikannya agar bisa memperoleh nilai tersebut dimana  anak ti menjadi semangat belajar di lab agar mendapatkan nilai bagus , dan secara langsung kita telah memperoleh pengutan positif dimana kita menjadi semangat belajar untuk bisa mendapatkan nilai tersebut.


d.      Testimoni 
saat terjadinya diskusi di kelompok 4 semua berjalan lancar sangat menyenangkan dan dimana setiap anggota mencari bahan yang telah di tentukan dan setiap anggota memaparkan apa yang telah di dapatkannya dan saat itu pula kami langsung menggabungkan hasil yang telah di cari dan langsung memaparkan pointnya ke powerpoint untuk di presentasikan  


0 komentar:

Posting Komentar