Selasa, 25 Februari 2014

Pengaruh Sampah Terhadap Lingkungan

Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini kita selalu mendengar berita banjir d kota-kota besar yang sebagian di sebabkan oleh sampah yang di buang sembarangan, dari pada buang sampah sembarang mending daur ulang sampah untuk mencegah banjir walupun agak susah untuk melakukannya , mencobakan tidak salah.

Pengertian sampah
Sampah merupakan barang yang tidak terpakai lagi dimana apabila tidak di tangani akan menimbulkan bau, sumber penyakit bahkan bisa menyebabkan banjir. Seiring berjalannya waktu maka dapat solusi untuk menanggulangi sampah, dulu sampah hanya di biarkan begitu saja sehingga menyebabkan bau tak sedap sarang penyakit sampai menimbulkan banjir dan sekarang sampah di manfaatkan untuk sumber penghasilan.

Adapun jenis-jenis sampah yang bisa di daur ulang lagi
A.   **  Sampah organik
Merupakan sampah yang dapat di daur ulang yang mudah membusuk , sampah ini termasuk sampah basah yang di ubah menjadi kompos contoh sampahnya , sisa makanan , sayur dan sebagainya
B.    ** Sampah anorganik
Merupakan sampah yang dapat tidak teruai yang tidak dapat membusuk, sampah ini termaksud sampah kering di jadikan sampah yang laku di jual kembali untuk di olah menjdi barang yang bisa digunkan contoh sampahnya plastik, kertas, gelas tau kaca, dan botol.

Adapun cara pengelohannya yaitu sebagai berikut
A.   **  Pengolahan sampah organik dengan cara Pengomposan yaitu zat tanaman, sisa makanan atau kertas, bisa diolah dengan menggunakan proses biologis. Contoh dari pengelolaan sampah menggunakan teknik ini adalah Green Bin Program (program tong hijau) yaitu seluruh  sampah organik  dikumpulkan di kantong khusus untuk di komposkan.
B.    ** Sampah anorganik sebaiknya kita daur ulang kembali. Jangan membuangnya secara sembarangan, karena jenis sampah ini tidak mudah untuk hancur. Kita memerlukan kreatifitas tinggi untuk mengubah sampah tersebut menjadi suatu barang yang mempunyai nilai beda. Proses pengambilan barang yang masih memiliki nilai dari sampah untuk digunakan kembali disebut sebagai daur ulang. Ada beberapa cara daur ulang, pertama adalah mengambil bahan sampahnya untuk diproses lagi. Kedua mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang.Sampah yang biasa dikumpulkan adalah kaleng minum aluminum, kaleng baja makanan atau minuman, kertas, koran, majalah, dan kardus. Daur ulang dari produk yang komplek seperti komputer atau mobil lebih susah, karena bagiannya harus diurai dan dikelompokan menurut jenis bahannya.


0 komentar:

Posting Komentar